4.8.17

Perdana Pergi ke Posyandu

Setelah tiga tahun lebih jadi ibu, baru pertama kali saya pergi ke Posyandu. Tapi bukan kali pertama untuk Ru, anak saya. Saat saya masih kerja kantoran, Ru pernah dibawa pengasuhnya untuk ambil vitamin A di Posyandu.

Posyandu Cempaka III berlokasi di Pisangan, Ciputat TImur, Tangerang Selatan. Tidak jauh dari rumah. Fasilitas layanan kesehatan ini bertempat di sebuah rumah warga dan buka satu hari dalam sebulan (setiap hari Kamis pertama setiap bulannya). Lokasi dan jam buka Posyandu ini diketahui warga dari mulut ke mulut. Artinya tanpa bantuan dari pengasuhnya Ru yang warga asli daerah sini, saya gatau harus kapan dan kemana kalau mau ke Posyandu.

Vitamin A
Tujuan saya adalah meminta vitamin A untuk Ru. Vitamin A ini dibagikan pemerintah setahun dua kali pada bulan Februari dan Agustus. Ada dua warna vitamin A, warna biru untuk anak 6-11 bulan untuk diminum setahun sekali, dan warna merah untuk anak usia 1-5 tahun untuk diminun setahun dua kali.

Selama ini kakak saya selalu berbaik hati mengambilkan vitamin untuk Ru setiap dia mengambilkan vitamin untuk anaknya. Vitamin A ini hanya dibagikan di fasilitas kesehatan pemerintah dan tidak bisa didapatkan di rumah sakit tempat Ru biasa ke dokter anak.


Alur Pengambilan
Saat saya sampai, Posyandunya sedang penuh sekali. Saya tidak tahu harus kemana. Untunglah ada pengasuhnya Ru. Pertama-tama kami ke meja pendaftaran (ga ada tulisannya, tapi banyak orang meletakkan buku kesehatan di meja). Bagi yang sudah punya buku hanya tinggal menyerahkan buku kesehatannya pada petugas.  Bagi yang belum, bisa membeli buku kesehatan seharga lima ribu rupiah. Tanya saja kalau mau beli buku dimana. Setelah itu anak-anak ditimbang dan diukur tinggi badannya.

Setelah pendaftaran selesai, selanjutnya antri ke tempat pemberian vitamin. Di sana bu bidan akan memberikan vitaminnya atau bisa juga kalau ingin diminum di rumah. Setelah itu Ru diberi bubur kacang hijau dan biskuit.

Untuk biayanya gratis. Namun disediakan tempat donasi seikhlasnya yang nantinya akan digunakan untuk membeli makanan untuk dibagi-bagikan di bulan berikutnya.

Layanan Ibu Hamil
Karena saya sedang hamil, ibu-ibu petugas Posyandu mengira saya datang untuk memeriksakan diri. Untuk pemeriksaan kandungan dilakukan di dalam rumah. Saya menolak karena sepertinya tidak perlu. Akhirnya saya malah diberikan biskuit ibu hamil untuk stok satu minggu yang sepertinya cukup untuk dimakan satu bulan. Enak juga lo biskuitnya ada cream strawberry-nya.

Moral, Tips, & Trik
- Terharu ternyata Indonesia punya layanan kesehatan ibu dan anak yang tidak komersil. Kemana aja ya saya.

- Banyak-banyaklah bergaul dengan warga sekitar kalau ingin mengetahui dimana lokasi Posyandu dan waktu bukanya.

- Sering-sering cari tahu tentang program pemerintah untuk kesehatan anak, banyak diantaranya tidak bisa didapatkan di rumah sakit swasta. Saya selama ini hanya mengandalkan apa yang disarankan dokter anaknya Ru, hampir saja Ru tidak pernah ambil vitamin A kalau bukan karena kakak saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar