12.1.17

Daftar Belanja Kebutuhan Bayi

Tiga tahun yang lalu ketika mempersiapkan kelahiran Ru saya menghabiskan banyak waktu membaca berbagai blog untuk membuat daftar belanja kebutuhan bayi. Saat itu keponakan saya baru berusia tiga tahun tapi kakak saya sudah lupa ketika saya tanya barang apa saja yang sebaiknya saya beli.

Saat itu saya lumayan bingung karena pengennya beli semua benda yang ada tapi apa daya dana terbatas. Untuk itu sekarang saya membuat daftar belanja kebutuhan bayi berdasarkan pengalaman saya. Semoga daftar ini bisa membantu para calon ibu yang sedang bingung. Untuk versi kedua sengaja saya tuliskan jumlahnya sebagai referensi.

Silahkan disimpan di handphone atau bisa juga di-print di kertas A4.


Beberapa hal sebagai pertimbangan:
- Saya sengaja tidak memasukan kebutuhan MPASI karena baru diperlukan enam bulan setelah bayi lahir.

-Bedong dan alas ompol saya tulis cukup banyak dengan asumsi bayi menggunakan popok kain sehingga keduanya akan sering basah. Tapi kalau mau pakai disposable diaper tentu ga perlu sebanyak itu.

-Beberapa item yang jumlahnya saya kosongkan tergantung keadaan dan pilihan masing-masing.

-Kelambu maksud saya yang seperti tudung saji.

 -Walaupun tidak bekerja, saya sarankan tetap membeli pompa ASI (yang manual saja) sebelum melahirkan. Sebagai jaga-jaga kalau ASI nya tidak keluar, terlalu banyak, atau anaknya harus disinar jadi perlu ASI perah.

-Pompa ASI dan baby carrier sebaiknya beli yang berkualitas bagus. Hitung-hitung investasi. Kalau kualitasnya jelek malah nanti beli dua kali, jadi mahal.

-Jangan tidak beli sesuatu yang penting seperti sabun karena pede akan dikasih kado. Ru ga bisa mandi ketika pulang dari rumah sakit karena saya ga punya sabun. Kado sabun baru ada belakangan. Haha.

-Sterilizer saya pakai Panasonic Dsterile Dish Dryer. Berguna banget karena botolnya langsung kering dan masih saya pakai sampai sekarang. Sterilizer saya yang biasa jadi gak terpakai.

-Untuk cerita saya belanja di mana waktu itu silahkan baca di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar