18.1.17

Berkunjung ke Dongdaemun Design Plaza by Zaha Hadid

Ini adalah malam terakhir saya dan keluarga di Seoul. Setelah mengunjungi Gyeongbokgung Palace, Insadong, Dongadaemun Toys Street, dan Myeongdong Street Market, kami segera bergegas menuju Dongdaemun Design Plaza. Takut terlalu malam.

Salah satu landmark kota Seoul ini adalah rancangan Zaha Hadid. Walaupun sering sekali melihat karya-karya Zaha Hadid di berbagai media, Saya dan suami, Bi, belum pernah berkunjung secara langsung.

Wow! Emang ya kalau dirancang sama arsitek top memang beda. Pengalaman yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Selain bentuknya yang sangat futuristik kami mengagumi bagaimana seorang arsitek bisa meyakinkan kliennya untuk menerima rancangan yang tidak biasa. Tentu tidak biasa lazimnya berbanding lurus dengan biaya yang lebih tinggi.

Designer Gallery Shop
Selain bangunannya saya suka sekali dengan barang-barang yang dijual di dalam. Sayangnya karena terlalu malam toko-tokonya tutup ketika kami baru lihat kurang dari setengah jam. Saya ga sempat beli apa-apa. Sebenarnya juga karena harganya ga murah.





Kehidupan Malam
Berbeda dengan dengan toko-toko di dalam yang sudah tutup, di bagian luar Dongdaemun Design Plaza masih penuh dengan kehidupan. Ada bazaar dan acara musik yang ramai dengan anak-anak muda.

Kami cuma lihat-lihat sepintas dan memutuskan untuk kembali ke hotel saja. Sadar diri kalau sudah tidak muda lagi, haha ngga deng. Sadar diri kalau kami bawa anak dua tahun yang sudah ngantuk dan di luar angin sekali.

Saatnya mengucapkan selamat tinggal. Bye bye Seoul! Kota yang saya kira biasa saja tapi ternyata menyenangkan.

Moral, Tips, & Trik
- Untung ga semua arsitek bisa bikin bangunan kaya Zaha Hadid, kalau iya bisa-bisa interior designer ga diperluin karena interiornya benar-benar 'less is more'. Nanti kami makan apaaa.

- Jangan datang kemaleman kalau mau puas lihat-lihat designer shop di dalamnya. Tapi ga ada kata kemaleman untuk menikmati bangunan yang hidup 24 jam ini.

MULAI DARI SINI >> Itinerary 2 Hari di Seoul, Korea

2 komentar:

  1. Keren banget ya bangunan nya...
    Btw Salam kenal balik ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasi kunjungan baliknya. :) Kirain tadi ga berhasil komen di blog nya ko arman.

      Hapus