18.11.16

Makanan Halal di Korea - EID 이드, Itaewon, Seoul


"Makanan di Korea enak-enak banget!" begitu kata teman saya yang hobi wisata kuliner.
"Tapi bukannya banyak babi?" jawab saya mengingatkan kalau saya ga boleh makan babi. Teman saya ini non-muslim. 
"Iya juga ya," jawabnya agak iba karena saya jadi tidak bisa merasakan senangnya makan di Korea. Padahal saya ga sesedih itu sih.
____________

Saya kemudian menemukan sebuah restauran yang menyajikan masakan Korea tapi halal, Eid namanya. Langsung saya masukkan ke itinerary kami karena kapan lagi bisa cobain makanan Korea di Korea tanpa takut ada babinya atau pakai minyak babi. 

Eid ini terletak di daerah Itaewon, tidak jauh dari Masjid Pusat Seoul. Di daerah ini memang ada beberapa restauran halal, namun bukan makanan Korea.

Di perjalanan dari National Museum of Korea ke EID kami meminta tolong perusahaan bus yang kami sewa untuk me-reserved tempat untuk keluarga saya. Rombongan kami lebih dari 20 orang. Untunglah masih ada tempat. 

Jalanan di depan restauran ini kecil dan tidak bisa dilalui bus. Kami pun turun di tempat terdekat dan berjalan kira-kira 5-7 menit sampai ke sini. 

Ternyata restaurannya kecil sekali. Semua meja terisi penuh dengan keluarga saya. Bahkan kami harus pakai gelas bergantian karena semua habis dipakai. Hehe.

EID menyediakan 4 jenis makanan saja: Beef Bulgogi, Bibimbap, Grilled Fish, dan Samgyetang (gingseng chicken soup). Harganya 8000-10000 won (sekitar 90.000 - 120.000 rupiah) termasuk minum air putih dan teh sebagai penutup. Saya pesan bulgogi, enak! Seluruh keluarga besar saya pun senang dengan makanannya dan memuji saya dan adik saya karena merekomendasikan restauran ini. Padahal cuma modal baca di internet.




Moral, Tips, & Trik
- Recommended untuk dikunjungi, Bahkan om saya bilang daripada bayar 10,000 won untuk foto pakai baju tradisional Korea mendinng uangnya untuk beli Bulgogi lagi.

- Jam buka: Selasa - Minggu (11.30-21.00)

- Tempatnya tidak besar. Sebaiknya telpon dulu kalau mau datang, mereka bisa bahasa inggris kok.

- Di sini tidak ada toilet. Kalau terpaksa sekali ada toilet umum di luar restauran tapi jorok.

- Kalau mau salat di masjid bisa dengan jalan kaki dari restauran ini.

- Motret makanan susah ya. Ga bakat saya jadi fotografer makanan. huhuhuhu.Ini rasanya beneran lebih enak dari kelihatannya di foto saya kok. percaya deh.

SEBELUMNYA >> Museum Anak-anak, National Museum of Korea (Korea-Japan Trip, Part 1)
SELANJUTNYA >> Satu Jam di N Seoul Tower

Tidak ada komentar:

Posting Komentar