24.2.14

Perdana Belanja (Stroller) di Amazon

Konon katanya, belanja perlengkapan bayi itu kalau sudah lewat 7 bulan. Tapi waktu bayi di perut baru 4 bulan, temannya Bi (suami saya) berbaik hati menawarkan untuk titip beli stroller di Amerika. Mumpung dia harus dinas ke Amerika. Menurutnya, di sana harga stroller lebih murah dari di Indonesia. Karena nitip jadinya juga bebas ongkos kirim kan.

Kami pun dengan senang hati mengambil kesempatan ini. Yah, biarin deh belom 7 bulan, yang penting irit. Haha. Teman si Bi, sebut saja namanya Tebi (temen bi), menyuruh kami untuk pesan barangnya di Amazon dan kirim ke rumah kakaknya yang tinggal di US. Perburuan pun dimulai.

Buka Amazon tuh udah ribuan kali. Tapi ga pernah niat beli apa-apa karena selain ga semua bisa shipping ke Indonesia, ongkos kirimnya juga mahal. Padahal dari dulu pengen banget coba belanja di Amazon. Akhirnya kesampaian juga. : D

Setelah saya dan Bi browsing cari-cari stroller apa yang mau kita beli, kita memutuskan untuk beli merek Britax. Britax sebenernya lebih populer untuk car seat nya. Di mothercare sini jual car seat Britax, tapi stroller-nya ngga.

***

Awalnya rada bingung gimana cara belanjanya, tapi terus kesenengan sendiri. Singkatnya, begini cara belanja di Amazon (ini saya contohin stroller ya, barang lain kayaknya mirip-mirip):

- Cari produk yang diinginkan
- Pilih warna produk -- beda warna harganya beda plus stok nya juga beda (1)
- Pilih mau beli produk dari penjual yang mana (2)


- Nanti akan muncul pilihan harga dan penjualnya. Pilih deh mau yang mana (add to cart). Kalau saya jelas pilih yang dari Amazon karena free shipping.



- Selanjutnya tinggal masuk ke cart kita dan ikutin prosesnya. Yang perlu disiapkan: Alamat pengiriman, nama pemesan, dan detail kartu kredit (karena saya ga punya paypal jadi ga tau caranya pake paypal).

- Untuk pengirimannya biar cepet boleh pilih trial Prime Amazon. Barangnya akan sampai lebih cepat. Tapi jangan lupa, sebelum satu bulan batalin Prime Amazon-nya. Sebulan trial itu gratis, tapi lewat sebulan, Amazon akan otomatis nagih uang member prime ke kartu kredit. Jadi jangan lupa batalin!

- Biasanya kalau beli sesuatu dengan USD kita bakal baru tau berapa rupiahnya saat tagihan kartu kredit datang. Di Amazon, tagihannya sudah dalam bentuk rupiah kalau kita pakai kartu kredit keluaran Indonesia. Seneng ih, jadikan ga perlu khawatir sama keadaan kurs saat tagihan diproses.

- Silahkan menunggu barangnya datang!

***

Berhubung kami anak ga tau diri, stroller yang kami beli lumayan gede, jadi kayaknya ada extra baggage yang harus dibayar sama Tebi. Maafkan... Dibawa pulangnya juga tanpa kardusnya, takut kena pajak. Ini nih penampakannya.


Warnanya ungu bukan karena kita suka ungu. Gara-garanya yang ungu ada barang yang Like New - barangnya udah pernah dibuka dari kotak terus dibalikin atau kotaknya rusak atau ada cacat sedikit tapi keadaannya oke seperti baru. Barang like new harganya lebih murah dari new

Moral
- Harga stroller di Amerika lebih murah dari di Indonesia. Yang saya beli ini harganya beda lebih dari satu jutaan sama stroller sejenis (karena di sini ga dijual yang merek ini).

- Trial Prime Amazon boleh lo dimanfaatin, asal jangan lupa batalin sebelum satu bulan.

- Beli yang like new oke juga kok. Ga keliatan cacatnya tapi harganya lebih murah.

1 komentar:

  1. Total berapa pound atau kg ini mbak? dikirim pake jasa Pos atau DHL? kena bayar bea cukai berapa mbak?

    BalasHapus