26.11.13

Baby in the Belly - Trimester Pertama

Yup yup.. Saya lagi hamil. Sebenernya lumayan bingung mau cerita apa tentang kehamilan ini, jadi saya buat laporan kunjungan ke dokter aja deh. Hahaha. Siapa tau ada yang pengen tau atau pengen banding-bandingin. 

5 Weeks 4 Days

Pertama kali ke dokter setelah hasil tes pack positif. Awalnya ga mau langsung ke dokter, takut belom kelihatan juga kalau masih terlalu awal. Tapi si mama heboh suruh buru-buru ke dokter. 

Ternyata memang belum bisa kelihatan lewat USG perut. Akhirnya di USG transvaginal (huufff, untung aja dokternya perempuan, tapi tetep aja si ga suka.). Di umur segini yang baru kelihatan adalah kantung rahim dan titik yang katanya adalah calon bayi. 



8 Weeks

Harusnya jadwal ke dokter masih dua minggu lagi. Tapi karena saya keluar flek, si Bi khawatir dan suruh saya cek ke dokter. Alhamdulillah, kata dokter fleknya kemungkinan gara-gara polip (daging tumbuh) di mulut rahim saya. Selama ga disertai kram perut (yang mana saya kurang ngerti juga kayak apa itu kram perut), ga perlu terlalu khawatir. Gitu kata dokternya. Oiya, USG nya masih transvaginal karena belum kelihatan kalau dari perut.

Kali ini si ade bayi udah bukan titik. Ah, detak jantungnya juga udah kedengeran. Si Bi penasaran banget pas diceritain kalo udh kedengeran jantungnya, soalnya kali ini dia ga nemenin ke dokter. :)




11 Weeks 4 Days

Kali ini cek ke dokter sesuai jadwal. Setelah cek terakhir disuruh periksa darah lengkap, hari ini saya bawa hasil lab nya. Kata dokter ada suatu virus yang saya positif. Karena pas cek fisik ga keliatan tanda-tandanya, tapi karena hasil labnya positif, saya dikasih antivirus buat pencegahan.

Kali ini si ade bayi super aktif ganti-ganti posisi, sampe dokternya susah mau ngukur panjangnya.



*sebenernya sekarang udah masuk 19 minggu. Ada satu USG lagi di umur 16 minggu, tapi karena 16 minggu itu bukan trimester pertama, jadi nanti di-posting berikutnya aja ya.

***


Ngidam Ga?
Pertanyaan ini umum banget ditanyain sama temen-temen saya dan saya bingung jawabnya. Setuju banget sama kakak sepupu saya yang bilang kalau ngidam itu sebenernya gara-gara selama trimester pertama mulutnya ga enak banget, jadi pengen makan macem-macem supaya enak mulutnya. Ya kalau pengen makan ini itu sih iya, tapi ga hamil juga sama kok, pengen ini itu juga.

Morning Sickness
Dulu saya kira morning sickness tuh beneran pagi-pagi doang. Ternyata itu cuma sebutannya ya. All-time sickness kalo saya mah. Mual sepanjang hari. Huhuhu.. Beneran ga enak. Tapi kalo dibandingin orang lain kayaknya saya tergolong tingkat sedang. Ada yang lebih ga mual dari saya, tapi ada juga yang jauh lebih parah.

Saya si muntah kalau masuk kamar mandi dan kalau makan kebanyakan, juga mual sepanjang waktu.


MORAL

- Cek kehamilan itu ternyata mahal.. Hahaha.. Sebenernya mahal gara-gara vitamin, obat penguat kandungan, dan antivirus juga si.

- Kalau ada keluhan sama kehamilannya jangan terlalu sering browsing-browsing di forum ibu hamil, mending langsung cek dokter atau sms dokternya aja. Abisan forum ibu hamil isinya banyak ibu-ibu paranoid, malah jadi ngeri bacanya. Eh no-offense loh ibu-ibu.

- Relakan saja acara jalan-jalan naik pesawat di trimester pertama. Selain karena beresiko, juga karena pasti kurang menikmati karena cepet banget capek, ngantuk, dan mual sepanjang hari. Saya dan Bi juga menghanguskan tiket pesawat ke Bangkok. Belum jodoh.

- Oiya, bagi yang belum tahu, ini ngitung berapa minggunya dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar