10.4.12

#2. Hong Kong - Octopus Card

(My Travel Series)

_________
Senin, 26-3-2012 s/d Jumat, 30-3-2012
Hongkong-Singapore Trip
Day 1- 5

Misalnya ada yang tanya : "Apa yang kamu paling suka dari Hong Kong?"
Saya pasti bakal jawab: "Octopus Card!"




Octopus Card adalah kartu sakti yang bisa dipake  membayar segala moda transportasi di Hong Kong. Mulai dari MTR (subway), bus, bus tingkat, trem, sampe ferry. Tinggal di tempelin ke sensornya, ke debit deh saldonya. Selain itu, kartu yang satu ini juga bisa dipake buat belanja di 7Eleven, bayar rumah sakit, sampe untuk ngasih sumbangan di kotak sumbangan . Keren banget kan...

Mengikuti saran semua orang yang sudah pernah ke Hong Kong, Saya dan W si teman perjalanan membeli kartu sakti ini begitu sampe di bandara. Setelah celingak-celinguk kebingungan akhirnya kita tau kalau belinya di booth penjualan tiket kereta yang ada di sana. Harganya $150 HK.

Setelah beli Octopus Card, kami pun naik Airport Express menuju tengah kota. Begitu sampe di stasiun Central, kita berdua ga bisa keluar karena saldonya jadi $0. Jeng! jeng!

"Mahal juga ya..," kata si W.

Kami pun langsung isi lagi kartunya masing-masing $100HK sambil deg-degan jangan-jangan bakal sangat cepet abis. Ternyata kita berdua cuma salah sangka. Dari $150 itu, $100 ongkos naik airport express yang jaraknya emang jauh banget, $50 buat deposit yang bisa diambil lagi. Sementara $100 yang diisi kemudian itu ternyata cukup buat jalan-jalan di dalam kota selama 5 hari, ada sisanya malahan. Fiuuuhhh....

Saat mau meninggalkan Hong Kong, kita isi lagi kartunya $100 untuk biaya airport express balik ke bandara. Di sana, kita menukar si kartu yang selalu ada di kantong selama lima hari itu dengan deposit uang $50 plus sisa saldonya. Bye bye octopus card!

*Fyi octopus card ini bisa diisi di semua 7Eleven yang ada hampir di tiap jengkal Hong Kong. Juga bisa dipake tanpa harus ngeluarin dari dalam dompet.


Moral
Kalau ada yang mau ke Hong Kong kartu ini adalah kartu yang wajib dipunyai. Selain praktis ga usah siapin uang kecil setiap naik angkutan umum, juga karena karena ada diskon khusus untuk pengguna octopus card.


Selanjutnya  >> #3. Hong Kong - The Peak / Madame Tussaud
Sebelumnya >> #1. Hong Kong - Halo Dokter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar